Minggu, 09 Juni 2013

Tentang PI


Entah dari mana awalnya gara-gara inget PI jadi pengen nulis tugas yang laen. Mungkin anak Gunadarma semester ahir udah tau dan males baca artikel ini tapi ya emang ini tujuan pembacanya adik kelas mau gimana lagi.
Langsung aja PI atau Penulisan ilmiah adalah salah satu syarat untuk mengikuti skripsi disemester ahir. PI masuk kedalam matakuliah wajib, meskipun hanya 2 SKS PI cukup rumit dan makan waktu buat bikin apalagi kalo lagi dapet dosen pembimbing yang mintanya aneh-aneh. Tapi tak sedikit juga DP (Dosen Pembimbing) yang semuanya bebas tergantung anak-anaknya mau bikin apa yang penting bisa buat sidang dan dia periksa. Kalo dibagi secara umum sih ada dua tipe dosen, yang pertama dia “harus” bikin aplikasi, yang kedua dia gak wajibin bikin aplikasi tapi boleh neliti, ngembangin  aplikasi atau system yang udah ada.
PI biasanya dimulai dari minggu ke 4 disemester 7 dan tiap kelas akan dibgi menjadi beberapa kelompok tergantung banyaknya siswa. Dibagi kelompok bukan berarti bikin PI nya perkelompok tapi masing-masing kelompok dapet DP yang beda meskipun gak nutup kemungkinan kalo DP nyuruh kelompok itu kerjasama bikin proyek/aplikasi yang gede dan ada nilai jualnya.
Tidak ada syarat tertentu agar bisa ikut PI. Yang penting terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma disemester yang bersangkutan.
Mumpung lagi iseng sekalian share sedikit pengalaman kali ya.
1.      Beberapa dosen udah gak nerima pembuatan aplikasi yang pake VB, Dreamweaver, sama Flash. Buat web biasanya disuruh pake HTML 5 kalo aplikasi Java.
2.      Untuk penulisan kebanyakan dosen minimal pake Latex, ada juga yang nyuruh pake Lix tapi sebagian yang berbaik hati ngijinin pake Ms, Word
3.      Hati-hati kalo ketemu DP yang nyuruh bikin Aplikasi tertentu bilang aja kalo kia-kira gak sanggup dari pada ngulang disemester 7.
4.      Siapin waktu luang diwaktu libur buat ketemu DP soalnya beberapa DP biasanya disibuk dihari kerja.
Yah mungkin udah cukup kali ya. Sekian dulu. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar