Minggu, 13 Januari 2013

Sekilas Tentang Sukabumi

Pada beberapa postingan sebelumnya saya terus membahas tentang hal yang berhubungan dengan jepang, kali ini bahasan saya akan kembali ke Indonesia. Pada kesematan ini saya akan sedikit membahas tentang suatu kabupaten tempat saya dilahirkan yaitu kabupaten Sukabumi.
Sukabumi adalah kabupaten yang terletak diprovinsi Jawa barat. Dan merupakan daerah sejuk dan memiliki banyak perebunan yang didominasi oleh perkebunan teh dan pohon karet. Karena terletak di daerah yang cocok untuk bercocok tanam sebagian besar penduduk di sukabumi terutama di daerah perdesaannya bekerja sebagai petani baik itu menggarap tanah milik sendiri , orang lain (juragan) ataupun milik perusahaan (perkebunan). Mayoritas penduduknya adalah penduduk asli yang memang sejak dulu tinggal di sukabumi. Bahasa yang dipakai sehari-harinya adalah bahasa sunda sesuai dengan bahasa daerah jawa barat.
Sukabumi menjadi salah satu tujuan wisata saat libur tiba karena banyak terdapat tempat wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi bersama keluarga. Salah satu yang paling terkenal adalah pantai selatan Pelabuhan Ratu. Pelabuhan ratu sangat banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota terutama saat malam perhantian tahun. Selain Pelabuhan ratu tentunya masih ada tempat tujuan wisata menarik lainnya seperti Ujung genteng, Minajaya, Pangrango, Gunung gede, dan masih banyak lagi. Untuk orang yang suka akan pantai Pelabuhan ratu dan ujung genteng biasanya menjadi pilihan utama saat berlibur. Dan bagi para penjelajah gunung gede bisa menjadi tujuan anda karena menurut yang saya dengar rute disana memang cukup menantang meskipun saya belum pernah kesana.
Dalam hal kuliner sukabumi juga memiliki bermacam-macam makanan khas mulai dari makanan pokok hingga cemilan. Makanan khas sukabumi rata-rata berbahan dasar beras (beras ketan) seperti halnya opak, wajit, ranginang, dan masih banyak lagi. “maaf tidak menyebutkan satu-satu karena sangat banyak hingga saya lupa nama-namanya”.

1 komentar: