Minggu, 13 Januari 2013

Genre Anime Bagian 1

Sangat banyak orang Indonesia terutama remaja dan anak-anak yang menyukai anime. Tapi apakah mereka tau bergenre apa anime yang di lihatnya? Apa mereka tau arti dari genre tersebut?
Kali ini saya akan sedikit membahas tentang macam-macam genre yang terdapat dalam anime.
1. Action
Genre ini adalah genre yang paling mudah dimengerti dan paling banyak diminati. Anime bergenre ini biasanya dipenuhi dengan pertarungan antara satu karakter dengan karakter lainnya meskipun tidak sedikit yang menceritakan pertarungan antar kelompok. Umumnya genre ini bisa dinikmati oleh semua umur meskipun ada beberapa yang pertarungannya terlalu extream bila dilihat oleh anak-anak. Contoh anime bergenre ini adalah Sword Art Online, Samurai X, HunterxHunter, Ao no Exorcist dan masih banyak lagi.
2. Romance
Genre ini paling diminati oleh remaja. Didalamnya menceritakan tentang hubungan seseorang laki-laki dan seorang perempuan. Latar dari genre ini umumnya adalah sekolah SMA karena dimasa itulah seseorang mulai beranjak dewasa dan mulai menjalin hubungan dengan lawan jenisnya. Genre bisa memiliki beberapa ending atau ahir cerita seperti bad ending ( anime School Days ), sad ending ( anime Ano Hana ), dan yang paling sering dijumpain adalah happy ending ( Maid Sama, Kokoro Conect dll).
3. Harem
Genre ini bisa dibilang pengembangan dari genre romance karena dalam alur cerita tidak berbeda jauh dengan anime yang bergenre romance. Jika dalam romance menceritakan hubungan yang berjalan satu arah dengan dua karakter didalam harem karakter laki-laki ditempatkan dalam pilihan sulit karena dikelilingi oleh banyak karakter wanita yang tentunya moe (cantik). Anime ini biasanya berakhir tanpa menceritakan wanita mana yang dia pilih. Beberapa anime dengan genre ini antara lain To Love Ru, Hayate no Gotoku, dll.
4. Mistery
Genre ini adalah genre favorit saya. Genre ini menceritakan suatu hal atau kejadian aneh yang tidak bisa diungkap oleh orang-orang biasa. Anime bergenre ini biasanya hanya memiliki beberapa petunjuk dalam satu episode yang harus kita perhatikan agar bisa mengerti pada saat ahir cerita meskipun ada beberapa yang menyelesaikannya dalam satu episode seperti anime Detectiv Conan.
Ini adalah genre yang kurang cocok dilihat oleh anak-anak dan orang yang tidak menyukai dialog panjang didalam cerita. Mengapa demikian karena anime bergenre misteri memiliki alur yang harus dihubungkan antara satu kejadian dengan kejadian yang lain yang biasanya diepisode yang berbeda dan baru akan terungkap diepisode ahir. Hal ini tidak akan dimengerti dan disukai anak-anak karena biasanya anak-anak lebih menyukai anime yang setiap episodenya memiliki ahir yang jelas.
Ini adalah anime mistery yang menurut saya sangat banyak diminati Another, Shiki, dan Hyouka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar