Senin, 24 Desember 2012

Kyoto Animation

Karna hampir musim dingin dijepang sana banyak sekali yang membicarakan tentang anime winter yang akan rilis. Diantara sekian banyak anime yang akan tampil ada satu anime yang cukup menarik perhatian saya karna banyak yang membicarakannya diberbagai Fanspage ataupun forum dan dikatakan akan menjadi booming sama seperti anime-anime sebelumnya yang diproduksi oleh Kyoto Animation, judul animenya yaitu “Tomako Market”.
Pada kesempatan ini saya tidak akan membahas anime “Tomako Market” tapi saya akan sedikit mengulas tentang studio anime yang membuatnya yaitu Kyoto Animation.
Sesuai namanya studio ini terletak di Kyoto yang didirikan tahun 1981. Kyoto Animation adalah salah satu studio yang sangat terkenal dan namanya sudah tidak asing lagi dikarnakan setiap anime hasil garapan studio ini selalu digemari oleh pecinta anime. Menurut saya anime garapan “KyoAni” sebutan untuk Kyoto Animation itu memiliki art gambar yang luar biasa, mungkin yang pernah melihat anime garapan studio ini akan setuju dengan saya. Dari yang salah satu anime yang saya suka garapan studio ini yang berjudul Hyouka saya bisa menyimpulkan studio ini benar-benar memerhatikan sedetail mungkin anime yang dikerjakannya. Ini terlihat dari art gambar, bahkan mengenai detail suara pun diperhatikan dengan baik ini terlihat dari pada saat tokoh utama sedang berbincang dengan lawan mainnya suara teman sekelas yang jauh dari sudut pandang terdengar halus tapi tak menggangu suara percakapan sang tokoh utama. KyoAni memiliki style gambar tersendiri yang bisa dengan mudah dibedakan dari studio yang lainnya, ciri yang mencolok biasanya dari gaya rambut dan pupil mata para tokohnya.
Dalam hal membuat anime KyoAni tak berbeda dengan studio anime yang lainnya. Mereka mengadaptasi cerita dari novel ataupun manga. KyoAni oleh para penggemar anime di Indonesia sering dihubungkan dan disebut pembuat anime “galau” yang benar-benar bisa menyentuh hati penonton. Mungkin hal ini dikarnakan oleh Anime Clanad dan Clanad After Story yang memang benar-benar bisa membuat penonton tersentuh oleh alur cerita yang benar-benar sedih. Ditambah lagi ditahun ini KyoAni merilis anime yang diadaptasi dari light novel berdujul Chuunibyo Demo Koi ga Shitai!. Meskipun anime ini bergenre komedi tapi di episode-episode terakhir diceritakan tentang pengalaman hidup yang sangat pahit dialami oleh karakter utamanya yang bernama Rikka (apalagi jika kalian sudah mengalaminya).
KyoAni selalu berhasil menggarap anime adaptasinya dengan baik dan tidak pernah meninggalkan point-point penting yang terdapat dalam cerita aslinya sehingga penonton bisa puas dengan apa yang dilihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar