Senin, 24 Desember 2012

Yang Orang Cari di Jakarta

Jakarta adalah ibu kota dari Indonesia, kota dimana pusat pemerintahan berjalan, mungkin itu adalah beberapa hal tentang kota Jakarta. Selama saya bersosialisasi ada pertanyaan yang saya ingin tau jawabannya yaitu tentang “kenapa orang selalu ingin pergi bekerja ke Jakarta?”.
Ada beberapa jawaban yang saya dapat tapi tidak membuat saya puas. Jawaban yang saya dapat antara lain “karena dijakarta banyak lapangan pekerjaan” alasannya saya tidak puas dengan jawaban ini adalah menurut saya anggapannya itu kurang tepat. Memang di Jakarta adalah tempat orang berbisnis tapi tak setiap waktu juga ada yang membutuhkan pegawai, lagipula bila memang ada perusahaan pasti mencari orang yang memiliki skill dan kemampuan untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Sedangkan kebanyakan orang dari luar Jakarta datang hanya bermodalkan Ijasah dan modal nekat tanpa dibekali kemampuan apapun, sebagai buktinya banyak orang dari daerah yang ahirnya hanya menganggur di Jakarta dan hanya menambah populasi di Jakarta saja.
Saya tidak bilang anggapan orang tersebut salah karena memang jika dipertengahan tahun banyak perusahaan yang membutuhkan pegawai dikarnakan kontrak pegawai yang sebelumnya sudah habis biasanya masa-masa ini terjadi pada bulan agustus dan september dimana banyak pelajar yang baru lulus sekolah. Yang kedua jika seseorang memiliki skill mungkin dia bisa bersaing dengan yang lainnya untuk mendapatkan pekerjaan karena jika kita memiliki skill yang lebih biasanya perusahaanlah yang menawari kita pekerjaan bukan kita yang minta pekerjaan.
Sebelumnya saya mohon maaf tulisan ini bukan untuk menjelekan atau membuat pudar harapan orang yang ingin mengadu nasib dijakarta tapi hanya memperingatkan bahwa persaingan dan mencari kesempatan di Jakarta itu sangat sulit, dibutuhkan kemampuan dan kemauan agar bisa melalui semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar