Senin, 03 Desember 2012

VOCALOID

Karna ketertarikan saya terhadap Culture Japan saya sering membaca artikel tentang hal yang saya sukai dari jepang seperti anime dan J-musik termasuk vocaloid. Setelah mencari dari beberapa sumber saya bisa sedikit mengetahui lebih tentang apa yang saya minati itu. Dalam tulisan kali ini saya akan mengulas apa yang saya pelajari dari artikel-artikel tentang vocaloid.
Vocaloid adalah perangkat lunak yang bisa menghasilkan suara manusia berupa nyanyian maupun percakapan/kata-kata yang biasa. Vocaloid berasal dari kata “vocal” dan “android”. Suaranya berasal dari sampel yang diambil dari seseorang yang kemudian disimpan kedalam pusataka suara yang kemudian di komposisikan dengan musik dan lirik yang akan digunakan.
Vocaloid diproduksi oleh Yamaha Corporation yang rilis pertama kali pada tanggal 26 Februari 2003. Vocaloid dijual secara lengkap dengan pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang sudah mendapat lisensi dari yamaha.
Teknik yang dipakai dalam vocaloid adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalambasis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.
Vocaloid sangat digemari di jepang dan sudah menjadi bagian dari tren musik tersendiri. Tak jarang lagu vicaloid digunakan sebagai ost dari anime-anime populer seperti Hatsune Miku dengan lagu Black Rock Shooter. Dalam hal konser vocaloid pengunjung yang datang tak kalah ramai dengan band/penyanyi lainnya bahkan bisa lebih dari itu. Penyanyi vocaloid biasanya muncul dalam tampilan 2D/3D dengan kwalitas yang sangat tinggi dari mulai gambar, suara dan keselarasan gerakan dengan nyanyian tidak usah ditanya lagi apalagi jika sudah ditambah dengan tata cahaya dan efek-efek yang mumpuni. Pasti gak nyesel deh kalo nonton.. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar