Minggu, 08 Januari 2012

Proses Organisasi

Proses organisasi
1. Proses mempengaruhi
Pengaruh adalah kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku atau sikap seseorang maupun kelompok. Mempengaruhi orang lain tidaklah mudah tergantung cara seseorang mempengaruhinya dan bagaimana sikap seseorang yang dipengaruhi.

Metode untuk mempengaruhi orang lain :
a. Kekuatan fisik
Biasanya cara ini digunakan oleh seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi orang lain secara paksa agar bisa mengikuti apa yang diinginkannya.
b. Penggunaan sanksi
Cara ini digunakan untuk seseorang yang melakukan sudah melakukan kesalahan dan untuk menebus kesakahannya dia diberi hukuman dan di bina agar dia bisa berubah menjadi lebih baik.
c. Keahlian
Cara ini biasanya cepat bereaksi pada seseorang apabila orang kita pengaruhi mempunyai keinginan untuk mengusai keahlian yang kita punya. Keahlian ini bisa di jadikan sebagai jaminan jika dia bisa melakukan yang kita mau maka kita akan ajarkan yang kita bisa.
d. Kharisma (daya tarik )
Daya tarik biasanya bisa mempengaruhi seseorang tanpa harus kita minta.
2. Proses pengambilan keputusan
Keputusan tidak di ucapkan secara tiba-tiba tapi pasti melalui sebuah proses. Pengambilan keputusan biasanya di ambil oleh seorang pimpinan dari kelompok yang memiliki kewajiban dan wewenang untuk mengambil keputusan. Keputusan seorang pemimpin akan berdampak pada organisasi dan sikap orang yang berada didalam organisasi itu. Pengambilan keputusan akan menimbulkan pro dan kontra di dalam suatu organisasi.

Tahapan pengambilan keputusan :
a. Menetapka masalah
b. Identifikasi kriteria keputusan
c. Alokasi bobot pada kriteria
d. Pengembangan alternatif keputusan
e. Evaluasi alternatif
f. Pilih alternatif terbaik
Proses mempengaruhi dalam pengambilan keputusan adalah hal yang biasa terjadi hal inilah yang menyebabkan konflik didalam organisasi. Di pihak yang kalah selalu menuduh pihak yang menang melakukannya dengan cara kotor semacam politik uang dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar