Minggu, 08 Januari 2012

Komunikasi Dalam Organisasi

1. Pengertian
Proses interaksi dalam suatu organisasi saling menukar cerita, berita, dan informasi yang saling bergantung satu sama lain untuk lingkungan dan keadaan yang berubah-rubah.
2. Unsur-unsur komunikasi
a. Komunikator yaitu memberi informasi, dalam hal ini adalah orang yang memiliki informasi.
b. Menyampaikan berita, dalam hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatakan, mengirim atau menyiarkan.
c. Informasi yang disampaikan, dapat berbentuk perintah, laporan, dan saran.
d. Komunikan yaitu orang yang dituju dengan kata lain orang yang menerima informasi.
e. Tanggapan, dalam bentuk jawaban dan reaksi.
Unsur-unsur tersebut adalah satu kesatuan yang tidak bisa dirubah, hal itu disebabkan karna apabila satu unsur tidak ada maka komunikasi tidak akan terjadi.
3. Cara menyalurkan ide melalui komunikasi
a. Melalui ide (gagasan)
b. Perumusan
c. Penyaluran
4. Hambatan dalam komunikasi
a. Hambatan teknis
b. Hambatan semantk
c. Hambatan prilaku
5. Klasifikasi komunikasi dalam organisasi
a. Dari segi sifatnya :
- Komunikasi lisan
- Komunikasi tertulis
- Komunikasi verbal
- Komunikasi non verbal
b. Dari segi arahnya :
- Komunikasi ke atas
- Komunikasi ke bawah
- Komunikasi diagonal ke atas
- Komunikasi diagonal ke bawah
- Komunikasi horizontal
- Komunikasi satu arah
- Komunikasi dua arah
c. Menurut lawannya :
- Komunikasi satu lawan satu ( perorangan )
- Komunikasi satu lawan banyak ( orang dengan kelompok )
- Kelompok lawan kelompok
d. Menurut keresmiannya :
- Komunikasi formal
Komunikasi formal terjadi karna adanya komunikasi informal sesama anggota organisasi.
- Komunikasi informal
Komunikasi yang terjadi karna desas-desus yang tersebar melalui mulut ke mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar