Rabu, 20 November 2013

Kartu Belanja Masa Depan



Tugas softskill kali ini yaitu menyampaikan ide tentang kartu belanja masa depan yang aman bagi pengguna.
Dijaman yang sudah serba canggih ini segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah, sebagai contoh untuk berbelanja sekarang tidak harus membawa uang tunai tapi cukup dengan membawa kartu kredit. Namun segala kemudahan ini tidaklah senyaman kelihatannya. Banyak tindak kejahatan yang menyalah gunakan kartu kredit sebagai contoh seorang pencuri/pencopet bahkan  bisa saja kerabat dekat yang mempunyai niat buruk berbelanja dengan kartu kredit yang kita miliki. Berbagai sistem keamanan diciptakan untuk menanggulangi masalah-masalah ini namun belum ada yang benar-benar efektif.
Untuk masalah ini penulis mempunyai ide yaitu dengan membuat kartu kredit yang dilengkapi dengan fingerprint (pendeteksi sidik jari) dan alat pembaca kartu kredit yang menggunakan lcd. Cara kerjanya yaitu saat akan membayar dengan kartu kredit pengguna harus meletakan salah satu jarinya pada fingerprint yang ada pada kartu (sidik jari sebelumnya sudah di atur saat pembuatan kartu) jika sidik jari sesuai maka kartu akan aktif dan bisa digunakan jika tidak sesuai maka kartu tidak bisa digunakan sama sekali. Setelah pengguna menggesekan kartu pada alatnya maka akan muncul biodata singkat beserta foto pengguna. Jika foto dan pengguna cocok maka kasir akan mengijinkan transaksi.
Mekanismedari penggunaan alat tersebut seperti di bawah ini :


Mungkin hanya itu ide dari penulis yang ingin penulis sampaikan. Pasti banyak ide yang lebih baik dan lebih efisien yang tidak penulis ketahui dan mungkin salah satunya adalah ide anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar