Minggu, 23 Juni 2013

Kesalah Pahaman Genre



Para penggemar anime di Indonesia sudah cukup banyak namun tak semuanya mengerti keseluruhan tentang anime tersebut. Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas salah satu hal yang masih salah diartikan oleh kebanyakan penggemar di Indonesia yaitu masalah tentang kesalah pahaman mengenai genre yuri dan shoujo-ai atau yaoi dan shonen-ai.
Agar lebih jelas saya akan memulai dari pengertian masing-masing genre.
Shoujo-ai adalah istilah dari bahasa jepang yang berarti hubungan antara dua wanita yang lebih menjurus kedalam perasaan persahabatan yang tinggi namun seperti terlihat menjalin hubungan yang lebih bagi sebagian orang. Hubungan ini hanya sebatas perasaan dan tak sampai pada hubungan fisik. Pengertian shonen-ai sama dengan shoujo-ai namun ditunjukan untuk jenis kelamin laki-laki.
Yuri adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada shonen-ai namun konten yang terdapat didalamnya lebih menjurus pada hubungan fisik ya bila menggunakan kata yang umum pengertiannya sama dengan lesbian. Pengertian yaoi pun sama dengan yuri namun ditunjukan untuk jenis kelamin laki-laki.
Jadi dari pengertian di atas bisa diambil kesimpulan bahwa :
Shoujo-ai = Softcore
Yuri = Hardcore
Mungkin sekian dulu penjelasannya mudah-mudahan tidak lagi terjadi kesalah pahaman antara genre-genre ini. Mohon maaf bila masih ada salah karena saya juga masih belajar.
Referensi : Wikipedia, Harajuku Playground

Tidak ada komentar:

Posting Komentar