Senin, 03 Desember 2012

Review Anime "Hyouka"

Entah kenapa tiba-tiba inget sama ini anime jadi saya ingin meriview sedikit tentang anime misteri yang saya suka dari musim summer kemaren. Anime ini berjudul hyouka, didalam ceritanya yang bergenre misteri hyouka juga diselipkan cerita romance yang menarik.
Produksi : Kyoto Animation
Genre : Misteri
Karakter :
Oreki Houtarou
Houtarou mempunyai kepercayaan untuk menjaga energinya agar tidak terkuras untuk pekerjaan yang sia-sia. Dia sangat memegang teguh motto yang dia punya “Aku gak lakuain apa yang gak harus dilakuin, kalo harus aku lakuin dengan cepat“, dan kadang mengucapkan “aku hormati kalian yang hidup penuh denga semangat”. Meskipun begitu, houtarou dapat memikirkan penyelesaian dari suatu masalah jika dia mau berfikir. Dalam flim ini ada 2 misteri besar yang berhasil dia ungkap yaitu misteri tentang kejadian yang terjadi 40 tahun lalu yang melibatkan paman dari Chitanda Eru yang merupakan anggota dari klub sastra klasik pada masanya misteri dibalik nama hyouka dan misteri saat pencurian berantai saat festifal sekolah.
Fukube Satoshi
Satoshi mempunyai bakat sebagai detektif, menjadikannya sebagai anggota penting dari klub literatur klasik. Teman Houtarou sejak SMP ini aktif mengikuti berbagai klub serta organisasi disekolahnya. Dia mengklaim dirinya sebagai data base sekolah atas semua yang dia tau dan karna dia hanya bisa mengumpulkan point-point untuk dijadikan informasi dari pada membuat kesimpulan atau teori dari suatu masalah. Dia selalau memiliki informasi yang bisa membantu hotarou untuk memecahkan suatu misteri.
Chitanda Eru
Chitanda adalah murid teladan dan ketua dari klub literatur klasik. Chitanda adalah orang yang selalu membuat Houtarou kewalahan karna tingkat penasaran chitanda eru terhadap suatu misteri sangat tinggi. Alasan kenapa dia masuk klub lirteratur klasik adalah untuk mengungkap misteri pamannya yang hilang.
Ibara Mayaka
Ibara sudah mengenal houtarou sejak masih duduk disekolah dasar. Dia adalah bagian dari staff perpustakaan dan anggota terakhir dari klub literratur klasik, yang membuatnya tertarik untuk bergabung adalah karna dia tidak mau kalah dari houtarou yang bisa memecahkan misteri yang tidak bisa ia pecahkan.
Sinopisis
Anime ini menceritakan tentang seorang anak bernama oreki houtarou yang hidupnya berubah drastis semenjak sang kaka oreki tomoe menyuruhnya untuk bergabung dalam klub literatur klasik yang ada disekolahnya. Hal ini membuat oreki harus meninggalkan gaya hidupnya yang hemat energy terlebih lagi saat iya sudah bertemu chitnda eru yang memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi dan selalu membuat boreki kerepotan. Oreki tidak tahu apa maksud dari oreki tomoe meyuruhnya masuk ke dalam klub literatur klasik. Saat oreki memulai aktivitas klubnya ada misteri besar yang menghampiri oreki, misteri tentang paman chitanda eru yang tidak diketahui keberadaannya dan alasan mengapa chitanda menangis saat diceritakan sebuah kisah oleh pamannya kisah tentang “hyouka” yang sampai saat ini tidak bisa chitanda ingat kembali. Ahirnya dari hal itu lah mulai terungkap kejadian 40 tahun yang lalu yang melibatkan paman chitanda eru ketua klub literatur klasik saat itu dan mistery dibalik nama “hyouka” tulisan dari klub literatur yang pertama yang dibuat oleh paman chitanda.
Setelah mengumpulakan beberapa informasi, petunjuk, dan menggabungkan teori-teori yang ada ahirnya oreki bisa memecahkan misteri yang selama ini hanya menjadi cerita dikalangan klub literatur klasik sekaligus memecahkan arti dibalik kata “hyouka” yang dalam bahasa inggris berarti “ice cream” yang menurutnya itu hanyalah permainan kata-kata saja yang dibuat oleh paman chitanda sebab berdasarkan kejadian 40 tahun yang lalu yang menimpanya dan arti sebenarnya kata “hyouka” itu berarti “i scream” (aku menjerit). hyouka dia buat untuk menyampaikan dan mengungkapkan ketakutannya pada saat para murid memaksanya menjadi pemimpin untuk memboikot sekolah dikarnakan kebijakan sekolah yang memperpendek hari festival budaya yang harusnya 5 hari menjadi 3 hari saja pada saat itu. Meskipun hal itu berhasil merubah pemikiran para guru dan kepala sekolah yang kembali mengadakan festival selama 5 hari tapi hal itulah yang harus dibayar mahal oleh paman chitanda sebagai pemimpin dia keluarkan di ahir festival sekolah. Mereka hanya melihat dan tidak ada satu siswa pun yang mau menolongnya karna takut mengalami hal yang sama padahal merekalah yang memaksa paman chitanda untuk menjadi pemimpin.
Pada saat semua misteri terpecahkan dan dipastikan kebenarannya kepada seseorang yang ada pada saat kejadian 40 tahun lalu chitanda ahirnya mengetahui apa yang terjadu pada pamannya dan merasa tenang.

2 komentar:

  1. kayanya menurut saya gak deh karna endingnya sudah pas. cek blog saya banyak review animenya. myblog PASTI ADA

    BalasHapus