Rabu, 13 Juni 2012

Pendapatan Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi

Pendapatan nasional adalah keseluruhan jumlah barang dan jasa yang telah di produksi oleh suatu negara dalam jangka waktu tertentu,biasanya dalam setahun.
Perekonomian Tertutup Sederhana merupakan perekonomian yang tidak ada hubungannya dengan negara lain dan tidak adanya campur tangan pemerintah,baik berupa pungutan pajak,pembayaran transfer pemerintah ataupun yang berbentuk pengeluaran konsumsi.

Pertumbuhan Ekonomi merupakan proses dimana terjadi kenaikan pendapatan nasional.Arti lain bahwa pertumbuhan ekonomi terjadi apabila ada kenaikan output perkapita.

Pendapatan Nasional dengan Perekonomian Tertutup Sederhana Dua Sektor
Pendapatan Nasional dengan Perekonomian Tertutup Sederhana Dua Sektor adalah Produk Nasional Netto dikurangi pajak tak langsung ditambah subsidi. Jumlah inilah yang diterima faktor produksi yang dimiliki penduduk suatu negara . Pendapatan Nasional dengan Perekonomian Tertutup Sederhana Dua Sektor merupakan penjumlahan dari lima hal , yaitu :
a. Upah atau gaji yang diterima buruh atau karyawan
b. Pendapatan dari seseorang yang melakukan bisnis individu (bukan perusahaan)
c. Keuntungan perusahaan
d. Pendapatan bunga selisih dari perusahaan
e. Pendapatan sewa

Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar