Rabu, 04 April 2012

Perilaku Konsumen

1. Pengertian
Perilaku konsumen adalah proses aktivitas ketika seseorang melakukan pencarian untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam pencarian ini seorang konsumen memilih, mengamati dan menilai suatu barang atau jasa sebelum iya membeli/menggunakannya.
Prilaku konsumen ini mempengaruhi konsumen untuk melakukan proses pembelian. Semakin rendah suatu harga barang dan jasa akan semakin mudah bagi konsumen untuk mengambil keputusan.
2. Pendekatan
- Pendekatan interpretif
Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
- Pendekatan Traisional
pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survey untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
- Pendekatan sains marketing
sains marketing didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan manusia.
3. Konsep etalitas
Dalam ilmu ekonomi, elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variabel dengan perubahan variable lainnya. Dengan kata lain, elastisitas mengukur seberapa besar besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar